Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti aturan operasi bilangan lainnya kalo ditempat saya biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan adonan sanggup dejelaskan pada belum dewasa dengan kata "KABATAKU" yaitu KAli, Bagi, TAmbah KUrang.

Maksud dari KABATAKU ialah jikalau ada operasi adonan maka perkalian dikerjakan lebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pembagian seterusnya penambahan dan pengurangan. konsep yang perlu diajarkan pada anak sehingga belum dewasa tau mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

Karena judul artikel cara menghitung perkalian pecahan adonan maka kali ini hanya saya berikan untuk yang operasi perkalian saja, sebelum menuju ke operasi perkalian pecahan adonan ada baiknya kita kilas balik dulu untuk :

operasi perkalian pecahan biasa

Perkalian ialah pejumlahan yang berulang, untuk jelasnya silahkan lihat referensi berikut :
2 x 4 dibaca dua kali empat, untuk mudahnya kalian baca empat sebanyak dua kali yaitu 4 + 4 = 8
4 x 2 dua sebanyak empat kali 2 +  2 + 2 + 2 = 8 
dalam perkalian berlaku sifat komutatif dimana yang dimaksud dengan sifat komutatif ialah sanggup dibalik-balik, jadi nilai 2 x 4 sama dengan nilai 4 x 2.

operasi perkalian pecahan decimal/desimal


perhatikan gambar berikut :
cara menghitung perkalian pecahan adonan cara menghitung perkalian pecahan campuran







Kalian sanggup mengalikan pecahan desimal tersebut secara pribadi tanpa mengubahnya kedalam bentuk pecahan biasa, tapi untuk lebih mudahnya lebih baik kalian ubah dulu ya kedalam bentuk pecahan biasa. apa bila dibelakang koma ada 1 angka berarti bilangan tersebut dibagi oleh sepuluh apabila ada 2 angka dibelakang koma berati dibagi dengan seratus begitu seterusnya. untuk mengalikannya tinggal kalian kalikan bab atas ( pembilang ) dengan bab atas juga (pembilang dan kalikan bab bawa ( penyebut ) dengan penyebut juga dan terakhir tinggal kalian ubah lagi dalam bentuk desimal

Operasi Perkalian Pecahan Campuran

cara menghitung perkalian pecahan adonan cara menghitung perkalian pecahan campuran
Silahkan kalian perhatikan operasi pecahan adonan disamping silahkan kalian pahami sendiri apabila ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.


sekian dulu dari saya dengan artikel cara menghitung perkalian pecahan adonan biar sanggup bermanfaat buat kalian semua.

Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya