Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya

Contoh soal korelasi dan fungsi beserta pembahasannya, lanjut yuk mencar ilmu matematematikanya sebab kemaren ada yang menanyakan perihal soal korelasi dan fungsi makanya kali ini admin buat artikelnya. Kali aja temen-temen juga lagi mencar ilmu mengenai penggalan ini.

Tadinya sih tak suruh nyari soal dan tanggapan matematika penggalan korelasi di blog ini eh ternyata belum ada artikel khusus untuk yang membahas mengeai korelasi dan fungsi :D maklumlah sebab banyak kesibukan lain jadi ingetnya sudah pernah posting.

Relasi dan fungsi merupakan salah satu penggalan yang harus kalian pelajari ketika kalian duduk di kursi Sekolah Menengah Pertama kelas 8, sebelum menginjak ke pola soal korelasi dan fungsi ada baiknya kita sedikit mengingat kembali mengenai apa itu korelasi dan fungsi, jikalau kalian sudah paham silahkan pribadi saja scroll kebawah untuk melihat pola soalnya.

Relasi dan Fungsi

Relasi himpunan X ke himpunan Y sanggup kita definisikan sebagai sebuah korelasi yang memasangkan anggota-anggota himpunan X dengan anggota-anggota himpunan B. Suatu korelasi sanggup di nyatakan dengan 3 cara, yaitu diagram Cartesius, dengan diagram panah, dan yang ke tiga yaitu dengan himpunan pasangan berurutan.

Fungsi sanggup juga disebut sebagai suatu korelasi dengan syarat tertentu, apa sih syaratnya ? Syarat dari suatu korelasi yang merupakan pemetaan atau fungsi yaitu jikalau setiap anggota himpunan X memiliki pasangan di anggota himpunan Y dan setiap anggota himpunan X dipasangkan dengan sempurna satu anggota himpunan Y.

Contoh Soal Relasi dan Fungsi

contoh soal korelasi dan jawabannya

Dikelas 8 Sekolah Menengah Pertama mencar ilmu matematika terdapat 4 orang siswa yang lebih menyukai pelajaran tertentu. berikut ke-4 anak tersebut :
  • Buyung menyukai pelajaran IPS dan Kesenian
  • Doni menyukai pelajaran ketrampilan dan olah raga
  • Vita menyukai pelajaran IPA, dan
  • Putri lebih menyukai pelajaran matematika dan bahasa ingris

 Buatlah korelasi dari soal diatas dan disajikan memakai diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

Jawab :

Untuk mempermudah menjawab kasus diatas gunakanlah permisalan menyerupai : Himpunan A = {Buyung, Doni, Vita, Putri}, Himpunan B = {IPS, kesenian, keterampilan, olahraga, matematika, IPA, bahasa Inggris}, dan “pelajaran yang disukai” yaitu korelasi yang menghubungkan himpunan A ke B.

Diagram panah
 Contoh soal korelasi dan fungsi beserta pembahasannya Contoh Soal Relasi dan Fungsi + Pembahasannya














Diagram Cartesius
Contoh soal korelasi dan fungsi beserta pembahasannya Contoh Soal Relasi dan Fungsi + Pembahasannya
















Himpunan pasangan berurutan
Himpunan pasangan berurutan dari soal diatas yaitu {(Buyung, IPS), (Buyung, kesenian), (Doni, keterampilan), (Doni, olahraga), (Vita, IPA), (Putri, matematika), (Putri, bahasa Inggris)}

Contoh Soal Fungsi beserta jawabannya

Contoh soal korelasi dan fungsi beserta pembahasannya Contoh Soal Relasi dan Fungsi + Pembahasannya

Namanya juga pola soal ya jangan banyak-banyak to ya yang penting kalian sanggup memahami dengan baik, jikalau kurang puas dengan pola diatas silahkan kalian download saja BSE matematika kelas 8 kurikulum 2013 di eboook tersebut terdapat banyak soal dan pola soal lainnya yang sanggup kalian gunakan sebagai sarana pendukung mencar ilmu kalian. selamat mencar ilmu matematika contoh soal korelasi dan fungsi. Jika kalian ingi


Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran