Materi Yang Akan Diujikan Pada Acara Osn

Silabus merupakan ruang lingkup atau kumpulan materi yang akan diujikan pada acara OSN.

Silabus yang disusun terdiri dari 4 jenis ruang lingkup materi sesuai dengan mata pelajaran yang dilombakan ialah IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS.

Silabus disusun dengan tujuan antara lain menawarkan panduan untuk menyatukan pemahaman dan menyamakan interprestasi bagi guru khususnya dan pembina  lain  pada umumnya dalam menyiapkan  siswa  didik untuk menghadapi kompetisi olimpiade sains nasional pada  tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Silabus ini meliputi materi pokok dan ruang lingkup yang sesuai untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama pada mata pelajaran IPA  (Biologi, Fisika), Matematika, dan  IPS. Di dalam silabus  terdapat materi pokok dan ruang lingkup dengan isi  pengetahuan, keterarnpilan dan perilaku yang perlu dimiliki oleh  siswa serta kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Ruang lingkup materi yang tercantum di dalam silabus merupakan materi pola dalam penyusunan soal Olimpiade Sains Nasional yang sanggup diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal dan tipe soal yang berbeda-beda.

Interpretasi tersebut tentunya bergantung kepada tim penyusun soal.

Secara garis besar sanggup dijelaskan bahwa tingkat kesulitan tersebut berjenjang menyerupai untuk tingkat provinsi akan lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan tingkat nasional akan lebih sulit dibandingkan dengan tingkat  provinsi, begitu juga tingkat kompleksitas soal tersebut.

download silabus untuk Olimpiade Sains Nasional disini

Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya