Menggunakan Rumus Untuk Memilih Nilai Suku Urutan Besar

Kini kita telah mengetahui bagaimana cara menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan yakni dengan tuntunan contoh (menggunakan LK) maupun tanpa tuntunan contoh (tanpa  K).

Tanpa LK sifatnya lebih menantang, tetapi tanpa tuntunan inovasi rumus suku ke-n secara terang maka tujuan inovasi rumus itu akan sulit untuk dilakukan.

Syarat penting untuk menurunkan rumus suku ke-n dari suatu barisan dengan tuntunan contoh yaitu ”guru terlebih dahulu harus mengetahui kunci jawabannya”. Kunci tanggapan yang dimaksudkan yaitu ”rumus suku ke-n dari barisan bilangan yang diketahui itu”.

Selanjutnya cara yang kedua yakni sanggup menemukan rumus suku ke-n barisan bilangannya tanpa memakai LK sehingga masing-masing guru/siswa sanggup mengekplorasi secara bebas.

Untuk sanggup mengeksplorasi secara bebas guru harus mengetahui ”bagaimana teknik mengeksplorasi”. Setelah siswa mengetahui teknik tersebut dibutuhkan sanggup menemukan rumus umum tersebut secara berdikari  maupun berkelompok.

Setelah rumus umum suku ke-n ditemukan, aktivitas selanjutnya yaitu memilih nilai-nilai dari suku dengan urutan tertentu. Misal berapakah suku yang ke-50 dan berapakah suku yang ke-2008,

pemecahannya sanggup anda lihat di ebook ini hal 22

Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya