Alat Peraga Matematika Sd (Suhu Dan Pecahan)

Sebelumnya Alat peraga - apa dan bagaimana ? di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk materi peluang dan kali ini admin kasih judul "alat peraga matematika SD" apa isinya? yuuk simak bareng-bareng.

Artikel ini merupakakan ringkasan dari makalah yang dibentuk oleh Drs. Ahmadin Sitanggang, M.Pd dari LPMP sumut yang berjudul " alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar". Sebelum menginjak ke pokok bahasan utama ada baiknya kita mengulang apa itu pengertian alat peraga matematika ?

Pengertian Alat Peraga Matematika

Alat peraga merupakan bab media pembelajaran yang sanggup diartikan sebagai semua benda yang dipakai sebagai mediator dalam  proses  pembelajaran.  Tujuan  dasar  penggunaan  media  pembelajaran yakni untuk memperjelas instrumen yang akan disampaikan, sanggup merangsang perhatian,  pikiran, dan kemampuan  siswa,  alat peraga juga harus  dapat  meningkatkan  efektifitas  dan  kelancaran  dalam proses  belajar, terutama dalam  hal memperjelas  materi  yang sedang dipelajari,  sehingga pada akhirnya  sanggup mempercepat proses  perubahan  tingkah  laku  siswa.

Fungsi alat peraga

Alat peraga matematika memiliki beberapa fungsi antara lain :
  • memberikan motivasi pada siswa
  • memperkenalkan, memperbaiki, serta meningkatkan pengertian konsep dan fakta
  • mempermudah abstraksi
  • memberikan  variasi  pengajaran  sehingga  siswa  tidak terlalu bosan  dengan  teori 
  • efisiensi waktu dalam berguru mengajar alasannya siswa lebih gampang mengerti
  • mengembangkan suatu topik bahasan
  • menunjangkan  matematika  di luar  kelas  untuk  sanggup menunjukkan  penerapan matematika dalam keadaan yang sebenarnya.

Syarat-syarat Pembuatan Alat Peraga

Alat peraga matematika terdiri dari dua jenis yaitu alat peraga orisinil dan alat peraga bend tiruan, untuk mendapat fungsi dan manfaat alat peraga matematika biar sesuang yang diperlukan dari pengajar maka sangat perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Bentuknya sederhana  dan  lebih tahan  lama  (tidak  cepat rusak )
  • Jika ada lebih baik memakai barang yang murah dan gampang didapat
  • Mudah dalam penyimpanan serta penggunaannya
  • Memperlancar dalam pengajaran dan mempermudah dalam proses pemahaman bukan sebaliknya
  • Harus diubahsuaikan dengan usia anak
  • Jika sanggup memungkinkan untuk sanggup dipakai dalam beberapa topik, itu lebih baik
  • Bentuk dan warna sanggup menarik perhatian siswa.
Tidak semua materi matematika sanggup dibuatkan alat peraga, kadang juga ada yang bisa dibuatkan alat perga tapi justru sanggup mempersulit pemaaman siswa.

 Beberapa Alat peraga Matematika SD

Nama alat peraga : Cerukaf
 di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk ma Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan)
Cerukaf
Kegunaan :
  • Alat peraga ini sanggup memperlihatkan pada siswa perbandingan  suhu pada skala yag berbeda dengan sekali proses
  • Dapat menunjukan bahwa perbandingan suhu yang dilakukan secara manual ( peghitungan) memperlihatkan nilai yang sama pada pengukur sebenarnya
  • Dapat mempermudah dalam memahami konsep perhitungan antara perbandingan suhu skala derajat satu dengan lainya.
Cara penggunaan :
Untuk sanggup mengetahui derajat dari suhu yang ditanyakan, tariklah tali yng terdapat diatas hingga jarum sanggup memperlihatkan derajat suhu yang diketahui. Maka suhu yang sejajar dengan derajat suhu yang sdah diketahui adalahh nilai suhu yang ditanyakan, selanjutnya tarik kembali tali yang tersebut biar posisi kembali semula.

Nama Alat peraga : Permainan kartu pecahan

Bentuk alat peraga :

Alat peraga matematika untuk materi penggalan ini berbentuk kartu bilangan dimana setiap kartu berisi bilangan-bilangan matematika. Disini kita memakai dua kartu yaitu : kartu penggalan senilai dan kartu persen-pecahan. Setiap kartu terdapat dua bab yang berisi soal- yang harus dikerjakan. Julah kartu silahkan diubahsuaikan dengan kebutuhan atau disamakanjumlah kartu domino atau lainnya.

Kegunaan Alat peraga :
Ada 2 jeis kartu dalam peraga permanan kartu penggalan :
  • Kartu Permainan persen-pecahan
 di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk ma Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan) Kartu ini dipakai untuk melatih siswa dalam mengubah bentuk persen ke penggalan atau sebaliknya

  • Kartu Pemainan penggalan senilai
 di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk ma Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan) Untuk jenis kartu yang ini dipakai untuk melatih mencari suatu penggalan yang nilainya sama besar



Cara memainkan :
Permainan matematika ini sanggup dimainkan 2,3 maupun 4 siswa, kartu dikocok kemudian dibagikan kepada siswa sebanyak 5/6 kartu untuk setiap siswa. buka satu kartu dari sisa kartu yang tidak terbagi. Kemudian pemain menyambung susunan kartu secara bergantian, misal kartu penggalan disambung dengan nilai persen yang sesuai atau sebaiknya. Bisa juga kartu penggalan desimal disambung dengan penggalan biasa yang senilai danseterusnya.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
 di artikel tersebut juga sudah di kaji mengenai alat peraga matematika khususnya untuk ma Alat Peraga Matematika SD (suhu dan pecahan)

Demikian artikel alat peraga matematika SD yang bisa admin share, semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya