Pengertian Bilangan Bundar Dan Contohnya

Materi Bilangan Bulat untuk tingkat SMP, kali ini admin akan share mengenai apa itu bilangan bundar sesudah beberapa ahad ini tidak pernah posting balasannya keluar lagi semangat untuk menunjukkan asupan bahan pada blog ini.

 kali ini admin akan share mengenai apa itu bilangan bundar sesudah beberapa ahad ini tid Pengertian Bilangan Bulat dan ContohnyaSebelum membahas lebih lanjut mari kita kaji dulu pengertian bilangan bulat, matematika tidak akan lepas dari yang namanya bilangan oleh alasannya yaitu itu menguasai bahan bilangan bundar juga termasuk penting kadang kita sering lupa apa saja sih himpunan dari bilangan bundar itu sendiri.

Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan bundar yaitu sekumpulan bilangan yang anggotanya terdiri dari bilangan negatif dan bilangan cacah. dari pengertian tersebut sanggup kita simpulkan bahwa bilangan bundar merupakan semua bilangan baik itu negatif atau positif termasuk juga nol. Tapi ingat kepingan tidak termasuk dalam bilangan bulat.

Makara secara ringkas bilangan bundar terdiri dari bilangan bundar negatif, bilangan bundar negatif dan nol. Lambang bilangan bundar disimbolkan dengan abjad Z (seperti gambar diatas ) yang berasal dari kata Zahlen (dari bahasa Jerman yang artinya "bilangan").

Bilangan bundar dalam garis bilangan

Didalam garis bilangan bilangan bundar sanggup dinyatakan menyerupai pada gambar dibawah :

 kali ini admin akan share mengenai apa itu bilangan bundar sesudah beberapa ahad ini tid Pengertian Bilangan Bulat dan Contohnya
Bilangan negatif selalu digambarkan disebelah kiri
Dalam gambar garis bilangan diatas bilangan 2 terletak di sebelah kanan bilangan -1 maka 2 lebih besar dari -1 sanggup ditulis 2 > -1, -4 terletak disebelah kiri -2 maka -4 lebih kecil dari -1 ( -4 < -1 ) jadi sanggup disimpulkan bahwa nilai bilangan semakin kekeri maka bilangan itu semakin kecil dan sebaliknya jikalau semakin kekanan maka bilangan itu semakin besar.

 Contoh soal bilangan bundar

Sisipkanlah lambang < atau > diantara pasangan bilangan berikut biar menjadi kalimat yang benar !

a. 7, ... -7
b. 10, ... ,-11
c. -45, ... , -20
d. -14, ... , 14
e. 56, ... ,-65

Operasi Hitung Bilangan Bulat

Setelah memahami pengertian bilangan bundar diatas selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana operasi bilangan bundar tambah, kurang, kali dan bagi serta sifat-sifat yang terkandung dalam operasi bilangan tersebut.

Penjumlahan dan sifatnya
Untuk mempermudah dalam memahami penjumlahan bilangan bundar kita sanggup memakai proteksi garis bilangan, menyerupai pola dibawah ini :
Tentukan hasil -4 + 3.
 kali ini admin akan share mengenai apa itu bilangan bundar sesudah beberapa ahad ini tid Pengertian Bilangan Bulat dan Contohnya

pertama tarik garis kekiri ( kenapa kekiri ? kan bilangannya negatif ) dari nol hingga -4 kemudian tarik garis kekanan sepanjang 3 skala, nah dapet deh jawabannya -1. gampang kan ?

Sifat komutatif penjumlahan
a + b = b + a, misal apa bila ada soal 6 + 3 itu sama dengan 3 + 6.
Sifat asosiatif penjumlahan
( a + b ) + c = a + ( b + c ), artinya kalian  sanggup menjumlahkan a dan b lebih dulu kemudian gres ditambah dengan c, atau b dan c dijumlahkan lebih dulu gres dijumlahkan dengan a.

Sampai disini dulu bahan bilangan bulat nya dan bahan ini dilanjutkan ke operasi bilangan bundar


Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya