Rumus Dan Pola Soal Deret Aritmatika, Suku Ke-N

Menentukan rumus deret aritmatika dari pola soal deret aritmatika tentunya. Hai adik-adik mencar ilmu matematika lagi yuk. kali ini abang akan menunjukkan sedikit klarifikasi mengenai bagaimana cara memilih suku ke-n dari suatu barisan bilangan.

Suku ke-n suatu baris bilangan biasanya dilambangkan dengan Un, Untuk mengetahui rumus deret aritmatikanya kita sanggup mencari dengan pembetukan barisan bilangan itu sendiri. Proses pencarian suku ke-n ( Un ) dengan cara yang akan abang bagikan ini sanggup dibilang merupakan cara yang lebih simpel dibandingkan dengan menuliskan satu per satu suku bilangan.

Apabila kita disuruh mencari suku ke 987 tentunya akan menyulitkan kita kan kalau kita harus menuliskan serentetan suku bilangan hingga suku ke 900-an dibayangkan aja udah males apalagi mau ngeakuinnya. Untuk lebih jelasnya dalam memilih rumus suku ke-n silahkan perhatikan pola soal aritmatika berikut.

Contoh soal aritmatika :
Tentukanlah suku ke-51 dari baris bilangan 6, 8, 10, 12, ....

Penyelesaian :
Lihat baris bilangan tersebut, dari situ sanggup kita tari beberapa kesimpulan, yang pertama kita sanggup bilangan pertama dari baris bilangan tersebut yang selanjutnya kita tuliskan sebagai U1 = 6, dst... yang kedua yaitu beda dari tiap bilangan ke bilangan selanjutnya yakni 2 .

U1 = 6     = 2 x 1 + 4
U2 = 8     = 2 x 2 + 4
maka,  Un = 2 x n + 4

Sehingga U51 = 2 x 51 + 4 = 106

Mudahkan bagimana menuntaskan suku ke-n ?

lanjut ke pola ke-2

Tentukan suku ke-49 dari baris bilangan 4, 9, 16, 25, ...

penyelesaian :

U1 = 4 = 22 = ( 1 + 1 )2
U2 = 9 = 32 = ( 2 + 1 )2
U3 = 16 = 42 = ( 3 + 1 )2
pangkat selalu 2, sedang bilangan pokoknya yakni urutan suku ditambah 1, maka didapat
Un = (n+1)2
jadi, U49 = (49 + 1)2 = 502 = 2500

Bagaimana ? dari 2 pola soal barisan aritmatika tersebut bisakan memilih rumus untuk suku ke-n nya ? Semoga kalian tidak ada kesulitan untuk memehami bahan matematika yang satu ini semoga untuk memahami bahan selanjutnya lebih mudah.

Demikian bahan matematika kali ini yang sanggup admin sampaikan apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan dikolom komentar atau kirim message aja ke Fans page matematika academy. semoga bermanfaat dan salam matematika.

Comments

Popular posts from this blog

Tangga Km, Km → Hm → Dam → M → Dm → Cm → Mm

Cara Menghitung Perkalian Penggalan Campuran

Contoh Soal Korelasi Dan Fungsi + Pembahasannya